Saat ini Pengadilan Negeri Malang telah memiliki beberapa inovasi, antara lain:
- Sistem Pengukuran Kinerja, yaitu aplikasi yang digunakan untuk berbagai penyusunan laporan dan monitoring, evaluasi administrasi perkara, serta kinerja Hakim dan pegawai. (dikembangkan mulai tahun 2015)
- PN Malang Mobile, yaitu aplikasi berbasis OS Android yang digunakan untuk informasi perkara, pengisian survei IKM, IPAK, dan permohonan salinan putusan. (dikembangkan mulai tahun 2016)
- ASaPP, yaitu aplikasi untuk melakukan administrasi salinan putusan pengadilan dari PN Malang Mobile secara online. (dikembangkan mulai tahun 2020)
- Aplikasi Eksekusi (ApEk), yaitu aplikasi yang digunakan untuk pendaftaran permohonan eksekusi secara online. (dikembangkan mulai tahun 2020). Telah direplikasi PN Lumajang dan PN Semarang.
- Aplikasi e-Cuti, yaitu aplikasi untuk membantu/mempermudah pegawai dalam melakukan pengajuan cuti dan izin secara online. (dikembangkan mulai tahun 2020)
- Aplikasi SiTembem (replikasi dan pengembangan dari Pengadilan Agama), yaitu aplikasi untuk generate dan cetak template Berita Acara Sidang. (dikembangkan mulai tahun 2021)
- Anjungan Pelayanan Mandiri dan Aplikasi Anjungan Pelayanan PN Malang (APP). Anjungan Pelayanan Mandiri merupakan sarana anjungan yang disediakan oleh PN Malang pada kantor PN Malang untuk melakukan beragam aktivitas pelayanan publik secara mandiri oleh pengguna layanan PN Malang. Sedangkan Aplikasi Anjungan Pelayanan PN Malang (APP) yaitu aplikasi untuk akses berbagai hal terkait layanan PN Malang, baik informasi jenis layanan, persyaratan, brosur, standar pelayanan, maupun konsultasi secara online melalui PTSP Online dan Posbakum Online. (digunakan mulai bulan Juni tahun 2021)
- Aplikasi ESUKMA, yaitu aplikasi untuk melakukan administrasi pendaftaran permohonan surat kuasa dari PN Malang Mobile secara online. (dikembangkan mulai tahun 2021)
- Aplikasi Posbakum Plus, yaitu aplikasi untuk melakukan presensi petugas posbakum, serta konsultasi hukum online (dikembangkan tahun 2023-2024).